Senin, 18 April 2016

PERENCANAAN USAHA KECIL DAN MENENGAH

USAHA MIKRO PISANG KEJU PELANGI

Untuk memenuhi tugas Mata Kuliah:
PERENCANAAN USAHA KECIL DAN MENENGAH
(ABKA 3409)                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                   
Dosen Pembimbing :
Drs. H. M. Yahya, MS


Disusun Oleh
Noor Laila
(A1A313103)

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI
JURUSAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
BANJARMASIN
2016

A. PENDAHULUAN
            Aktivitas kewirausahaan (entrepreneurial activity) di Indonesia dewasa ini masih rendah. Hal ini ditunjukkan jumlah individu yang aktif dalam memulai bisnis baru jika dinyatakan dalam persen total penduduk yang aktif bekerja relatif masih rendah. Keadan ini diperparah dengan jumlah pengangguran yang semakin tinggi dari tahun ke tahun. Kurangnya daya saing dan inovasi serta kreatifitas merupakan salah satu penyebabnya. Setiap tahun perguruan tinggi mencetak ribuan sarjana di berbagai bidang keilmuan, namun itu tidak menjamin untuk mendapatkan lapangan pekerjaa yang layak. Bahkan kebanyakan dari mereka malahan menjadi pengangguran berdasi.
            Banyaknya produk lokal pertanian yang belum terproduksi dan dipasarkan secara maksimal menjadikan banyak barang hasil pertanian banyak yang rusak. Hal ini disebabkan kurangnya daya beli masyarakat, serta inovasi dan kreasi untuk membuat  produk jadi berbahan dari hasil pertanian. Contohnya pisang.  
            Pisang merupakan salah satu buah yang tak asing lagi di masyrakat. Indonesia merupakan penghasil pisang terbesar keenam didunia dan di Asia ,Indonesia termasuk penghasil pisang terbesar karena 50% dari produksi pisang Asia dihasilkan oleh Indonesia. Pisang merupakan komoditas buah-buahan terpenting di Indonesia karena memiliki jumlah produksi tertinggi dan produksi meningkat setiap tahun. Kandungan gizinya yang tinggi dan harganya yang terjangkau membuat pisang  sering dijadikan olahan berbagai macam cemilan oleh masyarakat Indonesia.  Jumlahnya yang melimpah merupakan salah satu keuntungan bagi para pengusaha kuliner yang menyajikan pisang sebagai bahan baku utama pada menu mereka. Tak terkecuali juga bagi pengusaha Pisang Keju Pelangi H. M. zaini . Pisang Keju Pelangi merupakan salah satu inovasi terbaru dalam pengolahan pisang. Yaitu dengan menyajikan pisang  yang digoreng dan ditambahkan berbagai macam toping di atasnya seperti keju dan coklat yang beraneka rasa dan warna. Sehingga menciptakan cita rasa baru dan tampilan yang lebih menarik dan menggugah selera para penikmat olahan pisang.
            Peluang usaha Pisang Keju Pelangi ini terbilang cukup prospekrif karena adanya kemudahan dalam memasok bahan bakunya dan cara memasarkannya yang tidak terlalu sulit karena pada umumnya olahan Pisang Keju Pelangi ini dapat dinikmati semua kalangan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Selain itu usaha kuliner seperti ini juga tidak mengenal waktu dan musim sehingga usaha ini dapat terus bertahan. Yang perlu dilakukan hanyalah mempertahankan rasa dari Pisang Keju Pelangi itu sendiri dan terus mengembangkan inovasi lainnya untuk menghindari adanya pesaing lain yang mungkin meniru usaha ini.
           
           






B. GAMBARAN USAHA DAN ANALISA

1.      Nama Perusahaan
            Nama usaha adalah Pisang Keju Pelangi nama ini diambil dari keunikan produk itu sendiri, yaitu pisang keju yang berbeda dari pisang keju pada umumnya dengan menambahkan toping coklat beraneka rasa dan warna sehingga tampilannya seperti warna pelangi.

2.      Lokasi Perusahaan
            Lokasi usaha ini berada di depan rumah si pemilik usaha itu sendiri yaitu di jalan Harmoni 2 RT 26 No. 52 Pekapuran Raya Banjarmasin. Lokasi ini berada dipinggir jalan luas dan ramai, banyak dilalui oleh masyarakat sekitar serta dekat dengan sekolah. Untuk menarik konsumen yang berada cukup jauh dari lokasi usaha, usaha ini menawarkan jasa delivery order khusus daerah Banjarmasin.

3.      Komoditi
            Komoditi yang di usahakan dalam bisnis ini adalah Pisang Keju Pelangi yang bahan bakunya berupa pisang yang mudah di dapat. Produk ini merupakan inovasi terbaru dari olahan pisang yang dulunya hanya dikenal pisang keju saja kini ditambahkan lagi inovasi baru yaitu dengan menambahkan toping berbagai macam cokelat yang beraneka warna dan memiliki rasa yang berbeda-beda sesuai dengan warnanya. Sehingga memiliki rasa dan tampilan yang berbeda. Adapun aneka rasa toping cokelat yang ditawarkan antara lain:
- coklat tua : cokelat original
- coklat kayu : capuccino
- putih tulang : tiramisu
- hijau daun : melon
- oranye : jeruk sunkist
- merah : strawberry
- pink : light strawberry
- kuning : lemon
- biru : barley mint
- hijau : mint
- ungu : grapes

4.      Kosumen yang akan dituju
            Konsumen yang dituju dalam usaha ini adalah semua orang karena Pisang Keju Pelangi dapat dinikmati oleh siapa saja baik anak-anak, remaja maupun orang dewasa. Khususnya lagi masyarakat yang tinggal di sekitar lokasi usaha dan anak-anak yang sekolah dekat lokasi tersebut.




5.      Pasar yang akan dituju
            Dengan Harganya yang terjangkau yaitu Rp 7000,00/kotak maka pasar yang dituju dalam usaha ini adalah  semua kalangan mulai dari golongan ekonomi kelas atas, menengah hingga kelas bawah.
           
6.      Partner Usaha yang akan di Ajak Bekerjasama
            Usaha ini dijalankan sendiri oleh H. M zaini dan keluarga  tanpa partner dari pihak manapun.

7.      Personil yang di Percaya untuk Membantu Menjalankan Usaha
            Adapun personil yang dipercaya dalam membantu menjalankan usaha ini adalah keluarga yang ada di rumah karena usaha ini dilakukan di depan rumahnya sendiri. Sehingga tidak memerlukan biaya untuk menggajih karyawan.

8.       Jumlah Modal yang dibutuhkan dan yang tersedia
            Dalam menjalankan usaha ini H. M. zaini memulai dengan modal kurang lebih sebesar 2 juta rupiah tanpa pinjaman darimanapun. Modal ini diperoleh dari tabungan pribadi yang ada. Untuk modal investasi berupa gerobak yang dibeli dengan harga 1,2  juta rupiah dan sisanya digunakan sebagai modal kerja.


9.      Peralatan yang di Sediakan
            Dalam menjalankan usaha ini peralatan yang disediakan antara lain: Gerobak,  wajan untuk menggoreng pisang, serutan keju dan cokelat batang, kotak kecil untuk mengemas produk, kompor, wadah untuk mengadon pisang dengan tepung, pisau dan lainnya, Peralatan yang disediakan untuk menjalankan usaha tergolong masih sederhana.

10.  Penyebaran Promosi
            Penyebaran promosi yang dilakukan dalam mendirikan usaha ini adalah melalui brosur yang disebarkan dikampus, karena H. M. Zaini sendiri masih seorang Mahasiswa di kampus IAIN antasari kota Banjarmasin sehingga dia melakukan promosi dikampusnya itu. Selain itu dia juga melakukan promosi usaha Pisang Keju Pelanginya melalui media sosial seperti instagram, BBM, dan facebook.
            Untuk kemasan produk usaha ini belum memberikan label merek pada kemasannya.











C.        KESIMPULAN

1.      Nama Perusahaan: Nama usaha adalah Pisang Keju Pelangi yang diambil dari keunikan produk.
2.      Lokasi Perusahaan: Lokasi usaha ini berada di depan rumah si pemilik usaha itu sendiri dipinggir jalan yang luas dan ramai sering dilalui masyarakat dan dekat sekolah.
3.      Komoditi: Komoditi yang di usahakan dalam bisnis ini adalah Pisang Keju Pelangi yang merupakan produk inovasi terbaru dalam olahan pisang.
4.      Kosumen yang akan dituju: Konsumen yang dituju dalam usaha ini adalah semua orang.
5.      Pasar yang akan dituju: Pasar yang dituju adalah  semua kalangan mulai dari  golongan ekonomi kelas atas, menengah hingga kelas bawah.
6.      Partner Usaha yang akan di Ajak Bekerjasama: Usaha ini dijalankan sendiri tanpa partner usaha
7.      Personil yang di Percaya untuk Membantu Menjalankan Usaha: Personil yang dipercaya dalam membantu menjalankan usaha ini adalah keluarga sendiri sehingga tidak memerlukan biaya untuk gaji karyawan.
8.       Jumlah Modal yang dibutuhkan dan yang tersedia: Modal diperoleh dari tabungan pribadi yang ada.
9.      Peralatan yang di Sediakan: Peralatan yang disediakan untuk menjalankan usaha tergolong masih sederhana.
10.  Penyebaran Promosi: Penyebaran promosi yang dilakukan melalui brosur, melalui media sosial seperti instagram, BBM, dan facebook. Kemasan produk usaha ini belum memberikan label merek pada kemasannya.


















D. SARAN
1.      Nama Perusahaan
            Nama usaha Pisang Keju Pelangi sudah bagus karena menunjukkan keunikan dari produk yaitu dari kata “Pelangi” nya yang bisa membuat calon konsumen membayangkan seperti apa produk itu dan penasaran untuk mencoba.

2.      Lokasi Perusahaan
            Lokasi usaha sudah cukup strategis berada di pinggiran jalan yang luas dan sering dilalui masyarakat dan berada di dekat sekolah sehingga bisa dengan mudah memperoleh konsumen. Dan strategi delivery order yang ditawarkan sudah bagus karena dapat menjangkau konsumen lain yang berada jauh dari lokasi usaha.

3.      Komoditi
            Komoditi yang diusahakan memang tergolong unik dan baru akan tetapi sangat mudah untuk ditiru oleh pengusaha lain karena kemudahan dalam hal membuat dan memperoleh bahan bakunya. Sehingga disini pengusaha perlu memberikan keunggulan dalam hal rasa sehingga sulit untuk ditiru misalnya dalam hal kualitas cokelat dan kejunya.



4.      Kosumen yang akan dituju
            Dalam menentukan Prospek konsumen harus didasarkan atas bentuk usaha dan jenis usahanya. Karena disini usahanya bidang kuliner yang bisa dinikmati siapa saja maka konsumen yang ditujupun bisa mencakup semua orang. Tetapi dengan tampilan Pisang Keju Pelangi yang penuh warna produk ini mungkin akan lebih menarik jika ditawarkan kepada konsumen anak-anak dan remaja.

5.      Pasar yang akan dituju       
            Pasar yang dituju dalam suatu usaha haruslah pasar yang luas dan berjangka panjang disini pasar yang dituju sudah bagus karena mencakup semua kalangan dari berbagai golongan dengan menawarkan harga yang terjangkau, sehingga usaha ini hanya perlu mempertahankan harganya agar terus terjangakau tetapi tetap menjamin kualitas produk agar terus diminati pembeli.
           
6.      Partner Usaha yang akan di Ajak Bekerjasama
            Dalam hal ini pemilik usaha Pisang Keju Pelangi sebaiknya mencari partner dalam menjalankan usaha agar usahanya dapat terus berkembang dan maju. Misalkan saja menjalin kerja sama dengan para petani atau pemasok pisang yang merupakan bahan baku dari produk yang dijual.        

7.      Personil yang di Percaya untuk Membantu Menjalankan Usaha
            Menjalankan usaha yang dibantu keluarga memang sangat bagus selain keluarga dapat dengan mudah dipercaya juga dapat mengurangi biaya untuk menggaji karyawan.
             Tetapi dalam hal ini perlu dihindari terjadinya konflik dalam usaha itu karena jika konflik terjadi bisa merembet sampai ke masalah keluarga, begitu juga sebaliknya.

8.       Jumlah Modal yang dibutuhkan dan yang tersedia
            Modal yang disediakan semua berasal dari modal tabungan pribadi hal ini sudah bagus, dan kalaupun ingin menambah lagi modal untuk mengembangkan usaha ini sebaiknya jangan meminjam uang untuk digunakan sebagai modal investasi gunakan uang yang berasal dari pinjaman itu untuk modal kerja saja.  Atau bisa juga menambah modal dengan menjalin kemitraan dengan orang lain.

9.      Peralatan yang di Sediakan
            Peralatan yang perlu disediakan sudah sesuai dengan kepentingan usaha. Karena usaha ini masih berskala kecil jadi tidak memerlukan peralatan yang begitu canggih untuk proses produksinya. Diluar itu sebaiknya jangan dibeli, sebab akan mengganggu uang kas.  Jika usaha sudah mulai membesar dan memiliki banyak pelanggan barulah membeli peralatan yang canggih demi kelancaran proses produksi.
10.  Penyebaran Promosi
            Penyebaran promosi dengan menggunakan media sosial sudah bagus karena hal ini efektif dan efisien karena tidak memerlukan biaya yang besar.
            Dalam pengemasan produk sebaiknya lampirkan merek/label, alamat, dan nomor telepon serta ID/pin dari akun media sosial produk pada kemasan, sehingga konsumen dapat dengan mudah mengenali produk dan bisa mencari informasi tentang produk tersebut jika ingin membeli lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar